KREATIFITAS PENATAAN PEKARANGAN

Minggu, 01 Maret 2015

 BAGAIMANA.............. ?
MENATA PEKARANGAN AGAR LEBIH INDAH.
simak Ulasan Berikut : 



Sobat Pengunjung Website KWT Melati Wonogiri yang berbahagia, Tentunya telah banyak hal yang telah anda ketahui mengenai Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan yang diharapkan akan dapat mendorong terbentuknya masyarakat yang sadar gizi dan lingkungan. Terutama dalam hal Asupan Nutrisi bagi keluarga kita, apalagi dalam keluarga kita terdapat Balita / Batita yang sudah barang tentu kita perhatikan pemenuhan Gizi untuk masa pertumbuhannya.

Kali ini Kami akan membahas tentang Teknik dan tips Menumbuhkan Kreatifitas penataan guna meningkatkan kepedulian terhadap Lingkungan Pekarangan. 
Sering kali kita temui Rumah -rumah dalam pemukiman penduduk baik di kota maupun di Desa yang mempunyai pekarangan dengan kondisi yang kurang terawat. Bahkan dibiarkan menganggur begitu saja tanpa ada Tanaman Sedikitpun, yang tumbuh hanya rumput dan bebatuan yang kusam, sehingga rumah tempat tinggal terlihat seperti rumah yang tidak berpenghuni. Belum lagi bila terdapat banyak sampah yang jarang atau sama sekali tidak dibersihkan..... Hal inilah yang Memotivasi kami untuk menyusun bahan tentang Pentingnya penumbuhan Kreatifitas penataan Lingkungan. 

Sebelum kita membahas teknik , terlebih dahulu kita Ulas tentang kebiasaan – kebiasaan baik yang bermanfaat dalam kehidupan sehari hari yang kurang kita perhatikan. Diantaranya :



Reduce, Recycle and Reuse yang meliputi :


Membuang sampah Pada Tempatnya (Reduce),Penyediaan Bak Sampah (Organik dan Anorganik) Hindari penggunaan bahan yang dapat mencemari Lingkungan  , Memilah sampah Antara Sampah Organik dan Non Organik.


Daur Ulang Sampah ( Recycle), baik sampah Organik yang bisa kita olah menjadi pupuk dan penyubur tanaman melalui proses Fermentasi maupun Sampah Non Organik yang harus kita Pilah antara yang dapat didaur ulang dan yang tidak, sebagai contoh Plastik Kemasan, Ember bekas botol plastik harus kita pisahkan dengan sampah Kaca, Logam, bekas Parfum dll yang dapat membahayakan.






Menggunakan Kembali ( ReUse )Hasil Daur Ulang sampah Terutama sampah Organik sebagai pupuk penyubur tanah dan tanaman agar lebih produktif. Hasil daur Ulang sampah Organik memiliki kandungan nutrisi yang  beragam bagi Tanah dan tanaman tergantung komponen / bahan penyusunnya. Bila kita cermati sifat kimia bahan Organik mempunyai kelebihan yang jauh lebih bermanfaat dalam kurun waktu lama. Disamping nutrisi bahan organik yang lebih kompleks (terdapat unsur makro dan Mikro) walaupun unsur yang terkandung tidak begitu banyak.

3 Poin Penting tersebut merupakan Kunci pokok Kita melestarikan Lingkungan serta memanfaatkan Potensi yang ada untuk dikelola menjadi sesuatu yang berguna. 

Selanjutnya Kita Bahas Bagaimana menata Lingkungan Rumah kita walaupun dengan kondisi luasan yang tidak cukup luas. Terlebih dahulu kita perhatikan fasilitas rumah yang memenuhi syarat rumah Sehat diantaranya :
  •        1.            Terdapat tempat MCK dan sumber air (Sumur, PAM dll)
  •        2.            Kebersihan lingkungan Terjaga.
  •        3.            Tersedia Tempat sampah Organik dan Anorganik,
  •        4.            Rumah Cukup Cahaya matahari dan Ventilasi Udara ,
  •        5.            Terdapat tempat menjemur pakaian.
  •        6.            Terdapat ruang hijau (Taman / kebun produktif)
  •        7.            Kandang terpisah dari bangunan rumah.
  •        8.            Tata ruang, Aerasi dan Drainase teratur.

Dari 8 hal tersebut, kita dapat menganalisa bagaimana jadinya jika salah satu diantaranya belum tertata sebagaimana mestinya, tentu bentuk dan tata kelola pekarangan kita akan terasa mengganggu baik dari sisi kesehatan, fisik maupun Estetika. Meskipun dilingkungan pedesaan masih terkendala tingkat ekonomi dan kesadaran warga yang relatif rendah, namun jika ada kemauan, rumah yang paling sederhana di desa / pemukiman padat penduduk  pun akan terasa nyaman untuk di tempati.
Mari kita perhatikan ,

Apa jadinya jika Rumah bagus yang kita bangun walaupun kecil , jika tertutupi jemuran yang dijemur sembarangan bedakan dengan rumah yang menyediakan tempat jemuran khusus, yang pastinya secara estetika dan Etika Akan lebih Enak di pandang dan nyaman sebagai rumah tinggal keluarga.
Setelah membiasakan diri untuk berlaku tertib dan teratur, sudah semestinya kita memulai berkreatifitas untuk menciptakan terobosan baru menata lingkungan agar lebih indah. Salah satunya dengan mengelola pekarangan melalui penanaman Tanaman Sayuran agar pekarangan bisa lebih produktif dan mendatangkan hasil.  
untuk ulasan berikutnya silahkan klik link pemilihan jenis Tanaman.

0 komentar:

Posting Komentar