Edit Post 1 Optimalisasi Pekarangan

Sabtu, 05 April 2014

KEGIATAN OPTIMALISASI LAHAN PEKARANGAN 

KWT MELATI


Dusun Salakan, Desa Wonogiri, Kec. Kajoran, Kab. Magelang

Assalaamu`alaikum Wr Wb,
Salam Sejahtera bagi kita semua, Puji  Syukur Kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Atas limpahan karunia rahmatNya. Pada kesempatan ini  kami atas nama Pengurus dan anggota Kelompok Wanita Tani “MELATI” yang berada di Dusun Salakan Desa Wonogiri, Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang menghaturkan Terimakasih yang sebesar besarnya kepada Bapak, Ibu, Saudara/ Saudari yang telah berkenan hadir di kelompok Kami. Karena Atas kunjungan dan do`a Bapak ibu Semuanya hingga saat ini kami masih di berikan semangat dan dukungan untuk terus MAJU membangun masyarakat yang Optimis meraih masa depan yang lebih baik. Untuk itu kami memohon kepada Bapak, ibu yang telah menyempatkan diri hadir di lokasi kami berada, agar selalu berupaya mensosialisasikan Kegiatan Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan pada setiap kesempatan dimana Anda semua berada.

Marilah kita bersama berusaha menciptakan tatanan kehidupan yang memberi kesan mendalam melalui swasembada Sayur dan Buah sebagaimana Program Pemerintah untuk Mengkonsumsi bahan makanan yang Beragam Bergizi seimbang dan Aman Bagi keluarga.   untuk meraih itu semua tentu kami tidak dapat berjalan sendiri  , melalui berbagai kunjungan yang berasal dari seluruh penjuru nusantara ini secara tidak langsung telah memacu semangat kami untuk terus melakukan inovasi dengan memodifikasi penataan tanaman serta penumbuhan dan pengembangan Unit Usaha di bidang Pertanian . berikut ini akan kami ulas beberapa Unit Usaha yang dikelola kelompok dengan melibatkan Anggota dan Masyarakat sekitar diantaranya : 

1.       Unit Kegiatan Simpan Pinjam dan Kas  kelompok
Pada kegiatan Simpan Pinjam ini,  Masih dikelola secara swadaya untuk mencukupi kebutuhan / memudahkan akses keuangan bagi anggota khususnya. Hal ini dikarenakan penggalangan modal yang ada masih bersumber dari iuran anggota dan jasa pinjaman. Adapun jenis keuangan yang dikelola meliputi, Simpanan Pokok, Simpanan Sukarela, Clontok, Iuran Sosial, Arisan, Tabungan Hari Raya, dan penggalangan kas untuk kegiatan usaha.   


2.       Optimalisasi Lahan Pekarangan


Dalam Kegiatan Optimalisasi lahan pekarangan, kami Kelompok Wanita Tani Melati selalu berupaya menyemangati diri dan Anggota dan masyarakat pada umumnya, untuk ikut berpartisipasi mengelola pekarangan yang sebenarnya bila diolah dengan semangat dan optimis, mampu menyumbangkan Penghasilan dan minimal kebutuhan sayuran dan buah dapat tercukupi dari pekarangan sendiri.






Melalui kegiatan ini pula kita bisa membentuk opini masyarakat bahwa tidak semua sayuran yang kita butuhkan hanya dapat dipenuhi dari pasar saja. Jika kita bandingkan kualitas sayuran pun sangatlah berbeda, karena hasil yang diperoleh dari sayuran pekarangan dapat di kendalikan dari bahan kimia yang berbahaya. Tidak hanya sayuran saja yang bisa dikembangkan namun dengan kolam kecil dan sederhana dapat digunakan untuk pembesaran Ikan Lele yang dimodifikasi dengan  kandang ternak baik ayam/ itik / burung peliharaan.
Sarana Fasilitas Penunjang kegiatan Yang telah di miliki dan dibangun melalui penggalangan dana Swadaya dan Pengelolaan Kas kelompok  antara lain :
(           1)    Balai Pertemuan Kelompok dan Kunjungan

(    

            2)    Laboratorium Lapangan


(           3)    Rumah Bibit


(           4)    Kandang Ternak Komunal
       

(           5)    Rumah Produksi dan Kumbung Budidaya Jamur Tiram.



3.       Unit Kegiatan Produksi Baglog Jamur Tiram

    Unit Produksi Baglog dan Jamur Tiram merupakan salah satu unit usaha baru di KWT Melati, dibangun     dari dana Swadaya Anggota, menempati rumah khusus dengan luas ± 72 M2,  mampu menampung 3000 Baglog Jamur Tiram, dengan pengelolaan secara berkelompok . Melalui unit usaha ini, kelompok Melayani Pesanan Baglog maupun Jamur segar yang diharapkan dapat menunjang dan memotivasi masyarakat untuk menekuni unit usaha tani yang berwawasan Agribisnis dan Ramah Lingkungan.


4.       Unit kegiatan Olahan Pangan dan keragamannya
Di sektor Unit Produksi Olahan terdapat bermacam macam produk olahan yang saat ini terus mengalami inovasi dan perkembangan macam Produk diantaranya : Keripik Pegagan, Rengginang Ketan, Kerupuk Pasta, Kerupuk Pastel,  Telur Asin, Keripik Jamur, Gula Semut Ekstrak (kulit Manggis) Gula Merah (Kelapa),  dan beberapa produk olahan lainnya






5.       Unit kegiatan Pemeliharaan Ternak .
Pada Unit ini, Kelompok memelihara kambing yang merupakan bantuan dari pemerintah melalui BPPKP Kab. Magelang sebagai penghargaan atas kiprah dan partisipasi kelompok Wanita Tani Melati dan sebagai penghargaan kelompok teladan dalam mengoptimalkan pemanfaatan Pekarangan. Ternak kambing tersebut di pelihara Kelompok Dengan Melibatkan Peternak yang ada disekitar.


6.        Unit Kegiatan Pemasaran Produk olahan
Pada Unit Pemasaran ini dikelola oleh pengurus yang ditunjuk kelompok dengan pembagian tugas yang sudah diatur. Tugas yang dijalankan antara lain persiapan jenis produk ,jumlah produk saat ada kunjungan , mengelola pesanan produk olahan  yang diminta dan mengatur kegiatan produksi.
Adapun jenis produk yang di Tawarkan dalam kegiatan kunjungan adalah hasil olahan anggota kelompok serta buah buahan Tropis bila musim panen tiba.  Macam buah yang ada  antaralain : Rambutan, Duku, Langsep, Kokosan, Salak, Manggis, Mundung, Kepel, Nanas dll.


Demikian sekilas tentang kegiatan kelompok Wanita tani "MELATI" Pengelola Optimalisasi lahan pekarangan. bagi yang ingin mengetahui lebih jelas tentang kelompok kami, Silahkan menghubungi Nomor yang ada di bawah ini. Sekali lagi kami mengucapkan terimakasih atas partisipasi dan kesediaan Anda semua bila berkenan datang memberikan dukungan semangat dan berkunjung ditempat kami.
Untuk pesan,  Saran Dan Kritik maupun komentar dapat di tulis dikolom komentar . 
Akhir Kata 
Wassalaamu`alaikum Wr Wb. 

untuk konfirmasi kunjungan dan layanan Informasi dapat menghubungi :
Contact Person :
BPPK Kec. Kajoran Pendamping Desa  (P Edi Iriyanto) HP : 081328868288
KWT Melati  :     Ibu Musyarokah               HP : 085326582642 Atau
                           Ibu Mahmudah                 HP : 082327299600









0 komentar:

Posting Komentar