Prinsip Mengelola Pekarangan rumah

Senin, 07 April 2014



5 PRINSIP POKOK PENGELOLAAN 
LAHAN PEKARANGAN

Pengelolaan pekarangan


Pembaca yang terhormat, terimakasih telah menjadi  Pengunjung blog ini, kunjungi juga posting topic yang ada di web saya yang lain di : http:// adjixkajoran.blogspot.com , merupakan persembahan dari saya selaku penulis untuk memberikan sedikit pembahasan tentang Makna rangkuman dan Opini tentang Apa itu Pemanfaatan Pekarangan bagaimana tahapan nya dan apa tujuannya.

Sebelumnya saya mohon maaf yang setulus – tulusnya bila nanti terdapat kata - kata yang kurang sesuai  terutama pada postingan sebelumnya karena blog ini masih dalam tahap pembelajaran dan atas pemahaman saya Pribadi.






Pemanfaatan Pekarangan 
Adalah : Suatu Usaha untuk meningkatkan Produktifitas Lingkungan pekarangan dengan segala sumber daya yang ada untuk dikelola dan dimanfaatkan hasilnya guna menunjang gizi dan kehidupan.
Bentuk Pemanfaatan Pekarangan meliputi :
  1. Pekarangan untuk kegiatan budidaya tanaman (Sayuran/ Hortikultura, buah, Tan. Pangan dan Tanaman Obat)
  2. Pekarangan untuk kegiatan Budidaya Perikanan
  3. Pekarangan untuk kegiatan Pengembangan peternakan
  4. Pekarangan untuk kegiatan usaha pengolahan bahan makanan
  5.  Pekarangan untuk kegiatan pengembangan Handycraft (Kerajinan tangan)


Sesuai dengan Kata yang Penulis Munculkan di atas terdapat 5 (lima) Prinsip Utama yang menginspirasi penulis untuk merumuskan Tahapan pengembangan Pemanfaatan pekarangan. Diantaranya :

Temukan Inspirasi



  •       Dalam mengawali Setiap Kegiatan hendaknya kita berusaha memunculkan inspirasi, semangat / Mood pada diri pribadi. Caranya dapat dilakukan dengan berbagai macam sebagai contoh membaca buku/ majalah/ surat kabar, menonton liputan media / dokumentasi kegiatan atau dapat juga dengan sarana Internet (Browsing , atau pengunduhan dalam bentuk file cetak maupun file Video (ex ; youtube ) media yang mengedepankan Informasi dalam bentuk Video tutorial.
  •     Saat ini penyebaran informasi dikalangan Anak muda telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Namun bila kemudahan akses informasi yang ditawarkan tersebut lebih mengedepankan gaya hidup melalui media sosial yang saat ini hanya sekedar saling menyapa bagi remaja Usia sekolah. Lalu kapankah media sosial itu bisa menjadi sarana untuk mendongkrak produktifitas mereka. Tentu hal ini bisa kita upayakan walaupun perlu waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu dengan media sosial ini hendaknya kita bisa mensosialisasikan kegiatan - kegiatan produktif bagi masyarakat.   Salah satunya dengan menanamkan minat membaca artikel dunia pertanian baik itu hobby / kegemaran maupun keterampilan.
  •       Cara lain untuk menemukan inspirasi / minat  dengan melakukan kunjungan lapangan , study banding / study wisata dan karya wisata. Hal ini lebih mengedepankan fungsi visual dalam memahami setiap kesan yang di peroleh lewat kunjungan.

Jadikan Motivasi


Gapai Keinginanmu, Raih Cita -citamu

  •       Bila Sebuah inspirasi telah kita dapatkan, tentu akan lebih memudahkan kita untuk memotivasi diri, motivasi inilah yang kita perlukan agar orientasi / pandangan tujuan utama kita lebih fokus dan tertata. Motivasi ini pula yang dapat memompa semangat dan keinginan kita untuk lebih optimis dapat mencapai tujuan dengan lebih mengutamakan manfaat dan kepuasan batin yang kelak akan kita dapatkan.

  • Semangat Bung....!
  •       Dengan memotivasi diri, kita bisa menjadi lebih kuat dalam menghadapi hambatan dan rintangan. Kesulitan yang didapat justru akan menambah semangat mencari solusi permasalahan dengan lebih bijak.

Wujudkan Aksi


      Pada tahapan ini, kita akan melangkah ke tahapan utama, bila dalam tahapan sebelumnya (Temukan Inspirasi, Jadikan Motivasi) baru dalam tahap penanaman minat dan pemahaman, dengan mewujudkan aksi, kita memasuki tahapan Nyata melalui praktek dan pembuktian. Dalam artian segala sesuatu hanya dapat di jelaskan dengan langkah nyata. sebab Masyarakat pada masa sekarang ini butuh bukti nyata bukan sekedar janji.


“MULAILAH DENGAN YANG KECIL, MUDAH, MURAH , SEDERHANA DAN BERMANFAAT BAGI KELUARGA”










Kembangkan Inovasi 




  •     pemahaman teknologi Inovasi / terobosan, memacu kita untuk selalu berusaha dengan sesuatu yang baru dan berkesinambungan mengupayakan kemudahan dalam mengaplikasikan segala sesuatu menjadi lebih efektif dan efisien. Pemahaman Ilmu dan Kreatifitas sangat di tuntut dengan pola pemikiran lebih terbuka dan berwawasan luas.


Raih Prestasi


  •       Pemahaman Pada tahapan ini sebagai bentuk apresiasi atas apa yang sudah kita kerjakan. Bukan nilai rupiah yang kita dapat namun ilmu dan pemahaman yang diperoleh akan terasa lebih bernilai . Kalaupun dapat menghasilkan materi, itu akan memberikan semangat tambahan bagi kita.  Dan ingatlah :


BERBUAT BAIKLAH KAMU TERHADAP ALAM DAN LINGKUNGAN, KELAK ALAM DAN LINGKUNGAN AKAN MEMBERIKAN KEBAIKAN UNTUKMU” 

Demikian ulasan singkat tentang apa yang menjadi topik inspirasi Penulis pada kesempatan ini, Semoga memberikan manfaat bagi pembaca pada umumnya dalam memahami makna pada setiap gerak langkah kita mewujudkan kehidupan yang lebih baik . Terimakasih  atas perhatian anda, dan tunggu kembali postingan saya berikutnya .


wujud nyata pemanfaatan pekarangan

KEMAUAN DAN KERJA KERAS MODAL UTAMA MENUJU KEBERHASILAN

0 komentar:

Posting Komentar